Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

PIP Tahap 3 Jenjang MI Akan Segera Cair Tahun 2022

PIP Tahap 3 Jenjang MI Akan Segera Cair Tahun 2022 Kepala Madrasah atau Operator Madrasah Segera Cek di Verval PIP Daftar Nama Siswa yang akan Cair di Tahap 3 ini tahun 2022 klik Link DISINI   Menggunakan User NSM Pass 123456

PIP Tahap 3 Jenjang MI Akan Segera Cair Tahun 2022

Data Siswa di ambil dari database EMIS Maka dari itu perlu Semua perbaikan data dilakukan di aplikasi EMIS oleh madrasah masing-masing dan lakukan Sinkronisasi Ulang EMIS di halaman dashboard Jika siswa tidak layak, Klik tombol Tidak Layak pada kolom Status, pilih alasan tidak layak dan klik Ya untuk menyimpan data.

Pastikan data siswa tidak ganda, jika ada data ganda silahkan nonaktifkan salah satunya dengan cara menandai Status Tidak Layak.

Setelah menyelesaikan verval, Operator Madrasah WAJIB melakukan konfirmasi telah melakukan verifikasi validasi data penerima PIP Tahap 2 dan 3 Tahu

Tujuan PIP Jenjang MI MTs dan MA

  1. Menghilangkan hambatan ekonomi bagi anak untuk berpartisipasi di sekolah sehingga mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang lebih baik di tingkat dasar dan menengah pada satuan/program pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama
  2. Mencegah anak putus sekolah akibat kesulitan ekonomi
  3. Menarik siswa yang putus sekolah agar kembali bersekolah
  4. Membantu siswa kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran
  5. Mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan 9 (sembilan) tahun dan pendidikan menengah universal (wajib belajar 12 tahun)

Prioritas Penerima PIP Tahun 2022

  1. Siswa madrasah (MI, MTs, MA) yang terpadan DTKS yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI yang berasal dari Keluarga Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS);
  2. Siswa madrasah (MI, MTs, MA) yang berasal dari keluarga yang mengalami rentan kemiskinan yang dibuktikan dengan kepemilikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Kelurahan tetapi belum masuk dalam DTKS Kementerian Sosial RI.
  3. Siswa madrasah (MI, MTs, MA) yang berstatus yatim/piatu/yatim piatu/Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)/Anak yang tinggal di panti asuhan yang mengalami rentan kemiskinan yang dibuktikan dengan kepemilikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Kelurahan tetapi belum masuk dalam DTKS Kementerian Sosial RI.
  4. Siswa madrasah (MI, MTs, MA) yang berasal dari daerah yang kena dampak musibah bencana alam.
  5. Siswa madrasah (MI, MTs, MA) yang berasal dari wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).
👉 TRENDING :   Pakta integritas Seleksi PPG Tahun 2022

Tentang PIP

Program Indonesia Pintar
Program Indonesia Pintar yang selanjutnya disebut PIP adalah bantuan berupa uang dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah
Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah yang selanjutnya disebut Direktorat KSKK Madrasah adalah salah satu unit eselon II pada Kementerian Agama RI dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan dan bimbingan di bidang Pendidikan pada Madrasah berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal.

Subdirektorat Kesiswaan
Unit kerja eselon III dibawah Direktorat KSKK Madrasah yang dipimpin oleh Kepala Subdit Kesiswaan yang mempunyai tugas mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, dan evaluasi di bidang kesiswaan, pembinaan bakat, minat, dan prestasi, serta pengelolaan beasiswa dan bantuan Raudlatul Athfal dan Madrasah.

Kartu Indonesia Pintar
Kartu Indonesia Pintar yang selanjutnya disebut KIP adalah sebagai penanda dan digunakan untuk menjamin serta memastikan seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) untuk mendapatkan manfaat Program Indonesia Pintar bila terdaftar di Sekolah, Madrasah, Pondok Pesantren, Kelompok Belajar (Kejar Paket A/B/C) atau Lembaga Pelatihan maupun Kursus.

Kartu Indonesia Pintar ATM
Kartu Indonesia Pintar ATM yang selanjutnya disebut KIP ATM adalah Kartu Indonesia Pintar yang terintegrasi dengan layanan lembaga keuangan secara mandiri.

PIP Penggunaan Dana PIP

  1. Pembelian buku/kitab dan alat tulis
  2. Pembelian pakaian/seragam dan alat perlengkapan pendidikan, seperti tas, sepatu dan sejenisnya
  3. Piaya transportasi
  4. Uang saku
  5. Iuran bulanan
  6. Biaya kursus/pelatihan tambahan
  7. Keperluan lain yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan
👉 TRENDING :   Spanduk Penilaian Akhir Tahun (PAT)
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *