4 Tips Guru Beralih ke Pengajaran Online

4 Tips Guru Beralih ke Pengajaran Online

4 Tips Guru Beralih ke Pengajaran Online – Seorang pendidik dengan pengalaman dalam pembelajaran jarak jauh berbagi apa yang dia pelajari Tetap sederhana, dan membangun kontak sebanyak mungkin.

Virus corona telah menyebabkan penutupan sekolah secara luas untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Guru berusaha keras untuk menemukan cara untuk mendukung siswa dari jauh melalui pembelajaran jarak jauh dan online. Jika Anda merasa kewalahan dengan tugas yang menakutkan ini, Anda tentu tidak sendirian.

Saya juga berjuang untuk menjangkau siswa di luar kelas. Selama beberapa tahun, saya mengajar di komunitas di mana siswa berjuang untuk bersekolah secara konsisten. Untuk membantu siswa yang tidak hadir mengakses kursus saya, saya mengembangkan model pembelajaran berbasis penguasaan yang terpadu, serba cepat, yang memberdayakan semua siswa saya untuk belajar, baik mereka berada di ruangan saya atau tidak. Hari ini, saya menjalankan Proyek Kelas Modern, di mana saya membantu guru lain melakukan hal yang sama.

Melalui mengajar siswa dan melatih pendidik, saya telah belajar banyak tentang cara efektif membuat dan menerapkan instruksi digital dan pembelajaran mandiri. Saya akan membagikan beberapa kiat di bawah ini, dan jika Anda mencari dukungan lebih lanjut untuk mengembangkan pembelajaran jarak jauh yang efektif di luar apa yang saya bahas dalam bagian ini, jelajahi sumber daya di situs web kami atau mulai kursus online gratis kami, Membangun Ruang Kelas Modern

Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda menciptakan pengalaman pembelajaran jarak jauh yang berkelanjutan dan menarik bagi siswa Anda.

1. KESEDERHANAAN ADALAH KUNCI

Setiap guru tahu bagaimana rasanya menjelaskan instruksi baru kepada siswa mereka Biasanya dimulai dengan seluruh kelompok walk through, diikuti dengan aliran pertanyaan tanpa henti dari siswa untuk memperjelas langkah selanjutnya  Meskipun proses ini terkadang membuat frustrasi, siswa selalu dapat mengandalkan satu sama lain dan guru di dalam ruangan saat mereka buntu.

Salah satu tantangan pembelajaran jarak jauh adalah Anda dan siswa Anda tidak lagi berada di ruangan yang sama untuk bersama-sama mengatasi kesalahpahaman. Sebaliknya, sebagian besar waktu belajar pasti akan didorong oleh tugas tugas yang membutuhkan tingkat pengarahan diri sendiri yang tinggi.

Akibatnya, kesederhanaan adalah kuncinya Sangat penting untuk merancang pengalaman pembelajaran jarak jauh yang memiliki instruksi yang sangat jelas dan hanya menggunakan satu atau dua sumber daya. Sebaiknya, jika memungkinkan, untuk menyediakan sumber daya seperti bacaan sebagai PDF yang selalu dapat diakses siswa.

Ingatlah bahwa struktur sederhana masih memerlukan kerja keras: Tugas dengan sedikit instruksi sering kali menghasilkan pemikiran tingkat tinggi yang paling banyak, karena siswa mencari tahu apa yang harus dilakukan dalam parameter yang ditentukan. Pembelajaran jarak jauh harus mendorong pendidik untuk berpikir tentang bagaimana mereka bisa lebih ramping dan lebih ringkas dengan penyampaian informasi baru mereka. 

2. MEMBANGUN BASIS RUMAH DIGITAL

Dalam semangat kesederhanaan, sangat penting untuk memiliki basis rumah digital bagi siswa Anda. Ini dapat berupa sistem manajemen pembelajaran yang disediakan distrik seperti Canvas atau Google Classrooms, atau dapat berupa situs web kelas yang dibuat sendiri. Saya merekomendasikan Google Sites sebagai platform yang sederhana dan mudah disiapkan.

Anda memerlukan satu platform digital yang selalu dapat dikunjungi siswa Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dan terkini. Mungkin tergoda untuk melompat-lompat di antara semua aplikasi edtech keren di luar sana—terutama karena begitu banyak dari mereka yang menawarkan layanan gratis saat ini—tetapi kesederhanaan dan keakraban sangat berharga. Siswa perlu merasa nyaman pergi ke tempat yang sama untuk mengakses alat yang sama. Semakin jauh Anda dari siswa Anda, semakin penting untuk menumbuhkan stabilitas dan norma praktik. 

👉 TRENDING :   Download Tamplate Sertifikat Kegiatan Madrasah

Selain itu, jika kehadiran merupakan tantangan sebelumnya, pembelajaran jarak jauh akan memperbesarnya. Jadi siswa membutuhkan tempat untuk pergi ketika mereka jatuh dari lingkaran. Mengisi kekosongan hanya akan menjadi lebih sulit ketika guru tidak dapat dengan cepat terlibat dalam instruksi individu atau kelompok kecil. Siswa Anda akan perlu mengendalikan pembelajaran mereka sendiri. Tujuan Anda adalah membuat kerangka kerja yang jelas yang memungkinkan mereka melakukan itu. Anda mungkin ingin memeriksa unit yang saya buat tentang probabilitas dan statistik  untuk melihat bagaimana saya memberikan instruksi dan menyiapkan pos pemeriksaan untuk siswa saya.

3. PRIORITASKAN TUGAS YANG LEBIH LAMA DAN DIDORONG OLEH SISWA

Efisiensi adalah kunci ketika merancang pengalaman pembelajaran jarak jauh. Perencanaan akan memakan lebih banyak waktu dan membutuhkan tingkat perhatian yang tinggi terhadap detail. Anda tidak akan dapat memperbaiki kesalahan dengan cepat atau tiba-tiba berputar ketika anak-anak tidak terlibat.

Untuk mengelola waktu dan kewarasan Anda secara efektif, Anda perlu memprioritaskan tugas yang lebih lama, berdasarkan siswa, dan tugas yang memberi Anda waktu untuk terus merencanakan unit di masa mendatang—dan yang membuat siswa Anda lepas dari komputer. Fokus pada pembangunan menuju proyek jangka panjang di mana siswa memiliki otonomi dan serangkaian pos pemeriksaan dan tenggat waktu yang jelas yang perlu dipenuhi. Jika memungkinkan, ciptakan kesempatan bagi siswa untuk mendiskusikan apa yang mereka pelajari dengan keluarga mereka dan sertakan elemen pilihan siswa untuk benar-benar membangun keterlibatan. 

Lihat proyek yang dibuat oleh salah satu pendiri Modern Classrooms, Robert Barnett, yang mengintegrasikan pilihan dan keterlibatan keluarga: Demographer Challenge .

4. TITIK SENTUH INDIVIDU ADALAH PENGUBAH PERMAINAN

Apa yang paling dirindukan oleh siswa Anda adalah hubungan manusiawi yang dikembangkan di kelas Anda. Interaksi kecil yang Anda lakukan dengan mereka di lorong, sebelum dan sesudah kelas atau selama istirahat dalam pelajaran, tidak tergantikan. Meskipun mungkin tergoda untuk fokus pada konten dalam tugas pembelajaran jarak jauh dan video instruksional Anda, yang lebih penting adalah membuat struktur untuk titik kontak yang dipersonalisasi dengan siswa Anda.

👉 TRENDING :   Mengapa Usia 2-7 Sangat Penting untuk Perkembangan Otak?

Anda dapat membuat titik kontak ini melalui media apa pun yang Anda suka: email, pesan video, panggilan telepon, pesan melalui sistem manajemen pembelajaran Anda, komentar pada dokumen bersama, dll. Buat struktur dan patuhi itu. Siswa Anda akan melihat investasi Anda dan tahu bahwa Anda peduli dengan mereka.

Penting untuk diingat bahwa mengembangkan pengalaman pembelajaran jarak jauh yang menarik itu sulit. Butuh waktu dan kesabaran yang luar biasa. Jika Anda baru mengenal pengalaman ini, Anda mungkin akan merasa seperti guru tahun pertama lagi. Tidak apa-apa! Atasi tantangan selangkah demi selangkah, terus beri tahu siswa tentang kemajuan Anda, dan tetap positif. Kamu bisa melakukan ini

You cannot copy content of this page